Analisis Pengaruh Penggunaan Platform Zedemy dalam Ketercapaian Pembelajaran Mahasiswa dengan Metode Cross-Sectional (Studi Kasus: Mahasiswa SI ITS)

  • Mochammad Dwiky Andrian Institut Teknologi Sepuluh Nopember
  • Ahmad Hilal Mubarok Institut Teknologi Sepuluh Nopember
  • Mohammad Awaluddin Syarif Institut Teknologi Sepuluh Nopember
  • Nur Aini Rakhmawati Institut Teknologi Sepuluh Nopember
Keywords: Zedemy, e-learning, Cross-Sectional

Abstract

Pandemi COVID-19 mengakibatkan pembatasan kontak fisik sehingga berbagai lembaga pendidikan terpaksa menutup kegiatan belajar offline. Departemen Sistem Informasi (DSI) ITS mengambil langkah alternatif dengan menggunakan community-based learning dalam metode pembelajarannya serta memanfaatkan course sebagai tempat mahasiswa dan dosen untuk melaksanakan kuliah. Oleh sebab itu, penelitian ini berguna untuk evaluasi pola pembelajaran menggunakan platform. Penelitian ini menggunakan metode cross-sectional dengan membandingkan tingkat kepuasan, ketercapaian pembelajaran, dan nilai mahasiswa yang mengambil pembelajaran menggunakan platform Zedemy dan ITS Daring. Hasil penelitian ini didapatkan bahwa Tingkat Kepuasan penggunaan platform Zedemy lebih rendah dibanding penggunaan platform ITS Daring dengan rincian 2,33 untuk Zedemy dan 2,47 untuk ITS Daring. Sedangkan untuk Tingkat Ketercapaian Pembelajaran menunjukkan bahwa penggunaan platform Zedemy kurang dari penggunaan platform ITS Daring dengan rincian nilai 2,5 untuk Zedemy dan 2,69 untuk ITS Daring. Hasil Akhir untuk penilaian mahasiswa menunjukkan bahwa penggunaan Zedemy mendapatkan lebih banyak presentase nilai A sebanyak 62,5 sedangkan penggunaan platform ITS Daring mendapatkan nilai 61,1. Berdasarkan hasil penilitian tersebut, dapat disimpulkan jika penggunaan platform Zedemy tidak mempengaruhi ketercapaian pembelajaran Mahasiswa SI ITS secara signifikan pada beberapa mata kuliah yang dijadikan acuan dalam penelitian.

References

Hakim, A. B. (2016). Efektifitas penggunaan e-learning moodle, google classroom dan edmodo. In I-STATEMENT: Information System and Technology Management (Vol. 2, Issue 1, pp. 1–6).

K.Y.S. Putri, W. H. (2020). Efektivitas Komunikasi Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran Jarak Jauh Pada Mahasiswa Ilmu Komunikai Universitas Negeri Jakarta Angkatan 2018. MEDIALOG: Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(2), 24–35. https://doi.org/10.35326/medialog.v3i2.639

Prakerti, A. I., Claresta, A. F., Kafif Ibrahim, M. R., & Rakhmawati, N. A. (2020). Model Latent Dirichlet Allocation Pada Perilaku Siswa Menggunakan Media Pembelajaran Daring. INFORMATION MANAGEMENT FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS : Journal of Information Management, 5(1), 35. https://doi.org/10.51211/imbi.v5i1.1407

Pratiwi, F. S. (2021). Evaluasi teknologi pembelajaran digital dan pengaruhnya terhadap niat mahasiswa untuk menggunakan course pada zedemy. JURNAL TEKNIK ITS, X, 1–10.

Sari, I. N. (2019). Pengaruh Penggunaan Google Classroom Terhadap Efektivitas Pembelajaran Mahasiswa Universitas Islam Indonesia. Universitas Islam Indonesia Yogyakarta, 1–120. https://dspace.uii.ac.id/bitstream/handle/123456789/13733/isna normalita sari.pdf?sequence=1&isAllowed=y

Gen Z ACADEMY. ZEDEMY. (2021, September 22). Diakses dari https://zedemy.com/.

What is community-based learning? CU Engage. (2019, December 16). Diakses dari https://www.colorado.edu/cuengage/about-us/what-community-based-learning.

What is Community-Based learning? - Bridging theory and practice. Gustavus Adolphus College. (2019, December 11). Diakses dari https://gustavus.edu/communityengagement/faculty.php.

Published
2021-11-08