Rancang Bangun Sistem Informasi Manajemen Aset Berwujud pada PT. Berkat Alam Sukses

  • Andre . Universitas Multi Data Palembang
  • Lisa Amelia Fransen Universitas Multi Data Palembang
Keywords: Asset, Sistem Informasi Manajemen, Rational Unified Proces (RUP).

Abstract

Berkat Alam Sukses merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa bahan material. PT. Berkat Alam Sukses memiliki divisi-divisi yang membantu dalan menjalankan kegiatan operasional perusahaan. Dengan adanya aset pada setiap divisi maka muncul permasalahan yaitu manajer mengalami kesulitan dalam mengatahui dan mengelolah data aset perusahaan, sulitnya dalam mengambil keputusan seputar data aset perusahaan mulai dari data biaya pembelian, data perawatan, monitoring aset, data penghapusan dan data penyusutan aset. Kemudian kurang nya efensiensi waktu dalam mem-validasi data pembelian aset dikarenakan data yang di ajukan tidak memenuhi kriteria manajer sehingga memperlambat pembelian aset dan jarangnya dilakukan perhitungan penyusutan aset per tahun nya. Melihat dari permasalahan yang dihadapi, penulis mencoba membuat suatu aplikasi website yaitu sistem informasi manajemen aset berwujud. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mempermudah manajer dalam melihat apa saja yang telah terjadi pada aset perusahaan secara ber periode. Penggunaan metode dalam penelitian ini adalah Rational Unified Process (RUP) yang dimana proses pengembangannya memiliki tahap perulangan dan berproses. Dengan adanya sistem yang telah di rancang maka manajer dapat terbantu dalam melihat data yang telah di rangkum dalam bentuk chart , chart tersebut di hasilkan dari data yang telah di input kan sebelumnya oleh setiap divisi yang bersangkutan.

 

References

Bagaskara, & Riyan. (2018). Apa yang dimaksud dengan Diagram aktivitas atau ActivityDi agram. https://www.dictio.id/t/apa-yang-dimaksud-dengandiagram aktivitas-atau-activity-diagram/15129.

Irwanto. (2021). Perancangan Sistem Informasi Sekolah Kejuruan dengan Menggunakan Metode Waterfall (Studi Kasus SMK PGRI 1 Kota Serang-Banten) Irwanto. In Lectura: Jurnal Pendidikan (Vol. 12, Issue 1).

Kurniasih, S., & Oktavia, O. (2021). INFORMASI (Jurnal Informatika dan Sistem Informasi) Implementasi Metode Simple Additive Weighting (SAW) dan Technique for Order Preference by Similariy to Ideal Solution (TOPSIS) pada Penerimaan Karyawan (Studi Kasus : PT. Seikou Seat Cover).

Latief, M., Kandowangko, N., & Yusuf, R. (2017). Pengembangan Sistem Informasi Tanaman Obat Daerah Gorontalo Berbasis Web dan Mobile. Jurnal Rekayasa Elektrika, 13(3), 152. https://doi.org/10.17529/jre.v13i3.8532

Nurseptaji, A., & Ramdhani, Y. (2021). INFORMASI (Jurnal Informatika dan Sistem Informasi) Sistem Informasi Perpustakaan dengan Implementasi Model Waterfall.

Pradipta, D. (2020). Rancang Bangun Sistem Informasi Manajemen Aset PT. An Namiroh TravelPradipta, D. (2020). Rancang Bangun Sistem Informasi Manajemen Aset PT. An Namiroh Travelindo 1 RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN ASET PT. AN NAMIROH TRAVELINDO DENGAN METODE GARI.

Rahardjo, A. (2018). Pengertian RUP (Rational Unified Process). https://medium.com/@andrerahardjo/pengertian-rup-rational-unified-process-1bec9c664458

Rosa, A. S., & Shalahuddin, M. (2013). Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur Dan Berorientasi Objek, Informatik.

Sugiarto, E., & Widadi, S. (2016). SISTEM INFORMASI MANAJEMEN ASET MIS BERBASIS WEBSITE PADA PT UNITED TRACTORS PANDU ENGINEERING.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta, CV.

Suryani Dewi, Linda Miftahul Jannah, & Yuwan Jumaryadi. (2018). ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI. Jurnal Sistem Informasi, Teknologi Informatika Dan Komputer, 9(1), 1–11.

Published
2022-11-04