Pembangunan Aplikasi Pengukur Ketinggian Benda Berbasis Android dengan Menggunakan Metode Trigonometri

  • Amras Mauluddin amras mauluddin
  • Irwin Supriadi Universitas Langlangbuana
Keywords: Android, Trinometri, thedolit, Simple Measure, Java

Abstract

Saat ini kita mengenal dua cara untuk mengukur ketinggian benda. Cara pertama adalah menggunakan busur dan tape measure. Busur digunakan untuk menghitung besar sudut, kemudian tape measure digunakan untuk menghitung jarak antara titik sudut  dan benda yang diukur. Sedangkan cara yang kedua adalah menggunakan alat yang disebut dengan thedolit. Hasil pengukuran dengan cara kedua ini lebih akurat dibandingkan dengan cara pertama. Hal ini dikarenakan thedolit memiliki tingkat ketelitian yang baik. Namun kedua cara pengukuran tersubut memiliki beberapa kelemahan, yakni cara pertama memerlukan ketelitian yang cermat saat menghitung sudut dan cara yang kedua memiliki kelemahan dalam hal biaya.

Untuk dapat menutupi kelemahan tersebut, maka dibuatlah sebuah Aplikasi pengukur ketinggian berbasis android. Penggunaan aplikasi ini cukup sederhana dan tidak memerlukan biaya. Sehingga diharapkan Aplikasi ini dapat menjadi solusi yang lebih efektif dan efisien.

Aplikasi pengukur ketinggian benda ini penulis namakan dengan Simple Measure. Perangkat ini dibangun dengan menggunakan bahasa pemograman JAVA. Metode pengukuran yang digunakan adalah trigonometri. Selain itu juga SensorFusion digunakan sebagai library untuk mendeteksi sudut kemiringan.

References

Corral, Michael. 2009. Trigonometry. Livonia (AS) : Michael Corral.
Elven, Soekirno. Buku Saku Matematika Trigonometri-1. Subang : Elven Soekirno.

Nadeem, Tamer. 2013. App Development for Smart Device. Norfolk (UK) : Old Dominion University.

Pressman, Roger S. 2001. Software engineering: a practitioner’s approach / Roger S. Press man.—5th edition. New York (AS): McGraw-Hill Higher Education.

Satriawan, Mirza. 2012. Fisika Dasar. Penerbit Mirza Satriawan.

Referensi tambahan :

Android Developer. 2019. Android Sensor Overview. http://developer.Android.com/guide/topics/sensors/sensors_overview.html. (Diakses 17 juni 2019).

Android Developer. 2019. Motion Sensors. http://developer.Android.com/guide/topics/sensors/sensors_overview.html. (Diakses 17 juni 2019).

CoderzHeaven. 2019. How to Create a Custom Layout for Your Camera in Android?. http://www.coderzheaven.com/2011/12/28/how-to-create-a-custom-layout-for-your-camera-in-Android/. (Diakses 17 juni 2019).
Published
2020-05-07