Perancangan Arsitektur Integrasi Sistem Informasi Menggunakan Metode Service Oriented Analysis And Design (SOAD) (Studi Kasus : Politeknik LPKIA Bandung)

  • Tri Ramdhany STMIK LPKIA
Keywords: Service Oriented Analysis and Design, Business Process Modeling Notation, Object Oriented Analysis and Design

Abstract

Seiring dengan perkembangan teknologi informasi, aplikasi dan platform yang digunakan oleh departemen-departemen dan unit pendukung pada perguruan tinggi yaitu Politeknik LPKIA Bandung menjadi beragam.Oleh karena itu diperlukan sebuah metode yang digunakan untuk melakukan integrasi sistem informasi yang berjalan, metode tersebut adalah metode Service Oriented Analysis and Design (SOAD). Merupakan sebuah metode perancangan sistem yang mengelompokan proses bisnis menjadi sekumpulan service melalui dua tahapan utama yaitu analisis service dan desain service.   

Untuk memperoleh service yang responsive terhadap proses bisnis yang berlangsung, digunakan juga pendekatan Object Oriented Analysis and Design (OOAD). Yaitu use case diagram untuk memetakan kandidat service entity-centric business service dan kandidat service task-centric business service dan menggunakan class diagram untuk menentukan arsitektur data dari kandidat service-service yang terpilih menjadi desain service final. 

Dari desain service final yang ada kemudian dibagi menjadi 3 layer, yaitu 1 service pada orchestration service layer yang berperan mengatur service-service yang diperlukan  setiap aplikasi, 29 service pada business service layer yang berperan untuk menyediakan dan mempublikasikan service untuk orchestration service layer  dan 3 service pada application service layer yang berperan mengakses database. Selain itu agar desain service final yang sudah dihasilkan memiliki operasi yang sesuai dengan proses bisnis yang berlangsung maka dilakukan identifikasi sevice operation berdasarkan hasil Business Process Modeling Notation (BPMN).     

Hasil akhir yang diperoleh dari tahapan analisis service dan desain service tersebut yaitu berupa arsitektur sistem informasi dan arsitektur data berorientasi service yang menjadi dasar dalam menentukan rancangan arsitektur integrasi sistem informasi di Politeknik LPKIA Bandung

References

5. Daftar Pustaka
Booch, Grady, James Rumbaugh and Ivar Jacobson. The Unified Modeling User guide. Addison Wesley, 1998.
Erl, Thomas, Service-Oriented Architecture: Concepts, Technology, and Design. Prentice Hall PTR, 2005.
IBM. Patterns: Elements of Service-Oriented Analysis and Design,2004 tanggal akses 11 april 2020
Owen, Martins and Jog Raj, BPMN and Business Process Management Introduction to the New Business Process Modeling Standard. Popkin Software. 2003.
Sarno, Riyanarto. and Anisah Herdiyanti. A Service Portfolio for an Enterprise Resource Planning. International Journal of Computer Science and Network Security, 2010.
Published
2020-05-07