Perancangan Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Supplier Karet Komponen Kaca Mobil Di Bintang Berlian Glass Bandung Dengan Metode AHP (Analytical Hierarchy Process)

  • Lukman Kurniawan STMIK AMIK BANDUNG
  • Hermawaty STMIK AMIK BANDUNG
  • Yuyun Tresnawati STMIK AMIK BANDUNG
Keywords: Sistem Pendukung Keputusan, Penentuan Supplier, Supplier, AHP

Abstract

Bintang Berlian Glass merupakan perusahaan yang bergerak di bidang otomotif. Perusahaan ini menyediakan berbagai komponen mobil yang dibutuhkan bagi calon pembeli baik perusahaan besar seperti Karoseri mobil maupun perorangan. Komponen yang disediakan yaitu kaca mobil dengan berbagai tipe mobil, kaca mobil dengan ukuran sesuai pesanan, macam – macam karet mobil dan menyediakan jasa pemasangan. Pada pengadaan karet komponen, perusahaan ini mengalami kesulitan untuk memilih supplier karet komponen yang memiliki barang dengan kualitas tinggi, harga terjangkau, stok yang melimpah dan jarak yang dekat untuk mendapatkan produk tersebut.

Program pemilihan supplier barang bertujuan untuk membantu dalam pemilihan supplier terbaik. Pemilihan supplier barang ini sangat diharapkan terutama di dalam perusahaan, tidak akan mengalami kekecewaan dalam pemilihan barang tersebut.

Oleh karena itu, mereka membutuhkan sebuah sistem pendukung keputusan yang dapat membantu memilih supplier terbaik secara akurat berdasarkan kriteria yang sudah ditentukan. Sehingga pemilihan supplier barang tidak ada lagi kesalahan. Maka dari itu untuk mempermudah pengambilan keputusan, dalam pemilihan supplier barang ini menggunakan metode Analytical Hierarchy Process karena akan sangat cocok untuk mengambil keputusan yang multi-kriteria, ada berbagai kriteria sebagai parameter pengambilan keputusan yaitu kualitas barang yang konsisten, ketersediaan barang, waktu pengiriman, kemudahan pengembalian, harga barang, pelayanan pelanggan, dan kualitas barang. Dalam  penelitian  ini  dirancang  sebuah  sistem  pendukung  keputusan  yang  bisa  mengoptimalkan  dalam  dalam pemilihan supplier  dengan  pengembangan  sistem menggunakan  metode  SDLC dan diimplementasikan  dengan  bahasa pemrograman PHP dan penyimpanan database dengan MySQL. Metode keputusan yang digunakan adalah metode Analytical Hierarchy Process untuk penentuan supplier. 

Hasil  yang dicapai  dari  Sistem  Pendukung  Keputusan  ini  dapat  membantu pihak perusahaan dalam memberikan rekomendasi penentuan supplier, dengan hasil  perhitungan  Analytical  Hierarchy Process  menyatakan  bahwa  supplier  yang nilainya lebih tinggi dibandingkan dengan alternatif supplier yang lain adalah CV Garuda Jaya. 

References

Kurniawan Wahyu Haryanto. (2018). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Supplier Bahan Baku Pada CV. Sinar Agung Perkasa Menggunakan Metode Analitycal Hierarchy Process (AHP). Jurnal SPIRIT : STMIK YADIKA Journal of Computing and Cybernetic System, 10.

Nurmalasari, & Pratama, A. A. (2018). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Supplier Menggunakan Metode AHP Pada PT Transcoal Pacific Jakarta. Jurnal Teknik Komputer AMIK BSI (JTK), IV(2), 48–55. https://doi.org/10.31294/jtk.v4i2.3509

‪Rosa Ariani Sukamto‬ - ‪Google Cendekia‬. (n.d.). Retrieved September 19, 2020, from https://scholar.google.co.id/citations?user=61vphZ0AAAAJ&hl=id‬‬‬‬‬‬

Saaty, T. L. (2008). Decision making with the analytic hierarchy process - International Journal of Services Sciences - Volume 1, Number 1/2008 - Inderscience Publishers. International Journal of Services Sciences, 1(1), 83–98. https://doi.org/10.1504/IJSSci.2008.01759

Vaidya, O. S., & Kumar, S. (2006). Analytic hierarchy process: An overview of applications. European Journal of Operational Research, 169(1), 1–29. https://doi.org/10.1016/j.ejor.2004.04.028

Published
2020-11-17