Pengembangan Aplikasi Pencatatan Pengeluaran Kas Berbasis Web Menggunakan Framework Codeigniter (Studi Kasus : Nusantara HPL)

  • Tri Ramdhany STMIK LPKIA Bandung
  • Liesna Hardianti STMIK LPKIA Bandung
Keywords: Pengeluaran Kas, Codeigniter, Website, Biaya Operasional

Abstract

Nusantara HPL bergerak dalam bidang perdagangan bahan furniture interior serta jasa kontraktor sipil, interior dan advertising logo. Dalam memenuhi kebutuhan informasinya mengalami beberapa kendala seperti sulitnya melakukan pencarian data serta pengolahan data pengeluaran untuk menyajikan laporan selain itu sulitnya dalam melakukan rekapitulasi terhadap pengeluarkan yang terjadi ditambah data yang digunakan secara bersama oleh bagian bagian yang terlibat menyebabkan adanya saling menunggu dalam menyelesaikan pekerjaan pencatatan pengeluaran kas.

Berdasarkan permasalahan tersebut maka perlu dibangun sebuah aplikasi berbasis web, untuk memudahkan pengembangan aplikasi digunakan framework Codeinater dengan pendekatan pengembangan aplikasi secara prototype agar kebutuhan dari pengguna terakomodir dan dikarenakan metode prototype memiliki iterasi lebih pendek maka pengembangan aplikasi lebih cepat selesai.

Dengan adanya aplikasi berbasis web maka aktivitas pencatatan pengeluaran kas dapat dilakukan secara pararel di bagian yang saling terkait sehingga pembuatan laporan pengeluaran kas menjadi lebuih cepat dan dengan adanya fitur pencarian di aplikasi  tersebut memudahkan pengguna dalam melakukan pencarian data pengeluaran kas. 

References

Cahyati, Y., & Murti, H. (2018). Sistem E-Surat Pada Government Resource Management System Provinsi Jawa Tengah Berbasis Framework Codeigniter. Universitas Stikubank, 978–979.

Muria, G. (2018). Pengaruh Pendapatan dan Biaya Operasional terhadap Laba Bersih (studi kasus pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Dasar dan Kimia yang terdaftar di BEI periode 2012-2016). Eqien: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 5(1), 19–33. https://doi.org/10.34308/eqien.v5i1.11

Ningroom, F. K., Husaini, A., & Azizah, D. F. (2013). EVALUASI SISTEM AKUNTANSI PEMBELIAN DAN PENGELUARAN KAS UNTUK MENDUKUNG PENGENDALIAN INTERN [Studi Pada PT. INKA (Persero) Madiun. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 6(1), 1–8. https://doi.org/10.2466/pr0.1973.33.1.63

Supono, & Putratama, V. (2016). Pemrograman Web Dengan Menggunakan PHP dan Framework Codeigniter. Deepublish.

Wisesa, I. W. B., Zukhri1, A., & Suwena, K. R. (2014). Pengaruh Volume Penjualan Mente dan Biaya Operasional Terhadap Laba Bersih Pada UD . Agung Esha Karangasem Tahun 2013. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 4(1), 1–12. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPE/article/view/3293

Published
2020-11-17