Evaluasi Kualitas Aplikasi Pengarsipan Surat pada PAUD Terpadu Inklusi Nur Ramadhan Banjarmasin dengan Metode Webqual 4.0 dan Importance Performance Analysis (IPA)

  • Andry Fajar Zulkarnain Universitas Lambung Mangkurat
  • Yanuary Yulistian Putra Universitas Lambung Mangkurat
Keywords: Webqual 4.0, Importance Performance Analysis, PAUD Terpadu Inklusi Nur Ramadhan Banjarmasin, Evaluasi

Abstract

Dalam melakukan evaluasi terhadap aplikasi pengarsipan surat di PAUD terpadu inklusi Nur Ramadhan dari persepsi pengguna, aplikasi yang dirasakan bersifat aktual dengan tingkat harapan ideal sehingga diketahui atribut atau fitur-fitur aplikasi yang sudah baik atau yang perlu dilakukan perbaikan. Penggunaan metode WebQual 4.0 digunakan untuk mengukur tingkat kualitas aplikasi dengan variabel penilaian yang lebih sedikit akan tetapi jumlah responden yang digunakan lebih banyak agar mendapatkan hasil yang maksimal. Metode WebQual 4.0 juga diikuti penilaian melalui usability, information dan service quality agar bisa memenuhi kebutuhan untuk pengukuran sebuah aplikasi. Metode IPA diaplikasikan untuk membantu dalam analisis dan pengolahan data. Hasil perhitungan WebQual Index (WQI) menunjukkan bahwa aplikasi pengarsipan surat berbasis website sudah memiliki kualitas yang baik serta dengan teknik Importance Performance Analysis (IPA) menunjukkan bahwa aplikasi pengarsipan surat berbasis memiliki 9 (sembilan) indikator yang dipertahankan kualitasnya karena sudah memenuhi harapan konsumen dan 3 (tiga) indikator harus menjadi prioritas perbaikan.

References

Al-Bahri, Fauzan Putraga, and Ismail. 2019. “WebQual 4.0 Dan Importance-Performance Analysis (IPA): Eksplorasi Kualitas Situs Web e-Kuisioner.” Jurnal JTIK (Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi) 3(2).

Andry, Johanes Fernandes, Kevin Christianto, and Fuji Rahayu Wilujeng. 2019. “Using Webqual 4.0 and Importance Performance Analysis to Evaluate E-Commerce Website.” Journal of Information Systems Engineering and Business Intelligence 5(1): 23.

Diana Apriliani, Muhammad Fikry, Marnala J. Hutajulu. 2020. “Analisa Metode Webqual 4 . 0 Dan Importance- Performance Analysis ( IPA ) Pada Kualitas Situs Detik.Com.” Jurnal Ilmiah Merpati 8(1): 34–45.

Giyanti, Ida, and Erni Suparti. 2018. “Penilaian Kualitas Aplikasi Halal MUI Dengan WEBQUAL 4.0 Dan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Penggunaan.” J@ ti Undip: Jurnal Teknik Industri 13(2): 91–98.

Irawan, Candra. 2012. “Evaluasi Kualitas Website Pemerintah Daerah Dengan Menggunakan WebQual (Studi Kasus Pada Kabupaten Ogan Ilir).” JSI: Jurnal Sistem Informasi (E-Journal) 4(2).

Muhsin, Ali, and Dinda Amanda Zuliestiana. 2017. “Analisis Pengaruh Kualitas Website (Webqual) 4.0 Terhadap Kepuasan Pengguna Bukalapak Di Kota Bandung.” eProceedings of Management 4(3).

Muryadi, Agustanico Dwi. 2017. “Model Evaluasi Program Dalam Penelitian Evaluasi.” JURNAL ILMIAH PENJAS (Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran) 3(1).

Nada, Noora Qotrun, and Setyoningsih Wibowo. 2015. “Pengukuran Kualitas Layanan Sistem Informasi Akademik Menggunakan Metode Webqual 4.0.” Jurnal Informatika UPGRIS 1(2 Desember).

Nurma Yunita. 2013. “FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KUALITAS LAYANAN WEBSITE BANK SYARIAH TERHADAP PEROLEHAN INFORMASI NASABAH (STUDI BNI SYARIAH KOTA BOGOR).” Journal of Chemical Information and Modeling 53(9): 1689–99.

Published
2020-11-17