Penjadwalan Reservasi Instruktur Sertifikasi Berbasis Android di PKSTI Bandung

  • Tri Ramdhany STMIK LPKIA Bandung
  • Elis Silmi N. STMIK LPKIA Bandung
  • Marfy Alfarezye A STMIK LPKIA Bandung
Keywords: Penjadwalan, Sertifikasi, Android, Prototype

Abstract

Sertifikasi internasional pada saat ini sudah menjadi kebutuhan primer guna meningkatkan dan melatih skill yang dimiliki setiap individu baik karyawan maupun mahasiswa. Kebutuhan itulah yang membuat setiap instansi maupun universitas membutuhkan sebuah organinsasi yang menyelenggarakan sertifikasi internasional beserta instruktur yang dapat membimbing pelaksanaan ujian sertifikasi seperti yang diselenggarakan oleh lembaga Pusat Kajian Teknologi Informatika Bandung (PKSTI).

   PKSTI sebagai Lembaga yang mengelola kegiatan pelatihan masih mengalami beberapa kendala diantaranya dalam menentukan instruktur yang sesuai dengan pelatihan yang akan di selengarakan selain itu sulitnya dalam memonitoring administrasi pelaksanaan pelatihan ditinjau dari jumlah kebutuhan instruktur, penjadwalan pelatihan, maupun evaluasi setelah pelatihan berlangsung. Atas dasar masalah yang terjadi maka diperlukan sebuah aplikasi yang mampu mempermudah pihak manajemen PKSTI dalam mengelola kegiatan pelatihan tersebut.

   Platform android di pilih dalam membangun aplikasi tersebut dengan tujuan agar memudahkan akses pengguna pada aplikasi hal ini ditunjukan dengan banyaknya pengguna Smartphone berbasis android. Agar aplikasi yang dibangun sesuai kebutuhan bisnis dan dapat memberi solusi terhadap masalah maka pendekatan pengembangan perangkat lunak yang digunakan adalah prototype, karena metode ini memiliki iterasi pengujian aplikasi oleh pengguna sehingga kebutuhan pengguna dapat di fasilitasi dengan baik oleh pengembang aplikasi.

References

Adhita, R. (2017). Rancang Bangun Aplikasi Finding-Tutor Berbasis Android dan Penentuan Prioritas Seleksi Murid. Rancang Bangun Aplikasi Finding-Tutor Berbasis Android Dan Penentuan Prioritas Seleksi Murid, 1–173.

Kemendikbud. (2016). Kamus besar indonesia. Kemdikdbud. https://kbbi.kemdikbud.go.id/

Ramdhany, T. (2020). Perancangan Arsitektur Integrasi Sistem Informasi Menggunakan Metode Service Oriented Analysis And Design (SOAD) (Studi Kasus : Politeknik LPKIA Bandung) Tri. INFORMASI (Jurnal Informatika Dan Sistem Informasi), 12(1), 25–37.

Ramdhany, T., & Krisdiawan, R. A. (2017). RANCANG BANGUNAPLIKASI PENGUKURAN KINERJAKEUANGAN PERUSAHAAN MENGGUNAKAN METODE ANALISIS RASIO KEUANGAN (Studi Kasus: Mitra Jaya Group Cabang Bandung). Cloud Information, 1(ISSN 2527-5224), 29–36. https://journal.uniku.ac.id/index.php/cloudinformation/article/view/571/pdf

Rifai, M. F., Jatnika, H., & Valentino, B. (2019). Penerapan Algoritma Naïve Bayes Pada Sistem Prediksi Tingkat Kelulusan Peserta Sertifikasi Microsoft Office Specialist (MOS). Petir, 12(2), 131–144. https://doi.org/10.33322/petir.v12i2.471

Published
2021-11-08