SISTEM INFORMASI PROMOSI DAN PENDAFTARAN MAHASISWA BARU PROGRAM STUDI MANAJEMEN INFORMATIKA DI STMIK “AMIKBANDUNG”

  • Taofik Anugrah Putra STMIK AMIK BANDUNG
  • Hermawaty Hermawaty STMIK AMIKBANDUNG
Keywords: Promosi, Pendaftaran, STMIK “AMIKBANDUNG, Program Studi, PHP, website, mahasiswa, Manajemen Informatika

Abstract

STMIK “AMIKBANDUNG” adalah Sekolah Tinggi Manajemen Informatika Komputer di daerah Jalan Jakarta, Bandung yang setiap harinya melakukan proses kegitan akademik belajar mengajar untuk mendidik mahasiswa mahasiswi di bidang IT. Permasalahan yang di hadapi STMIK “AMIKBANDUNG” adalah sistem informasi pendaftaran mahasiswa baru jurusan Program Studi Manajemen Informatika masih menggunakan proses pencatatan dengan cara mengisi form kertas dan promosi jurusan Program Studi Manajemen Informatika pun masih menggunakan brosur. Kekurangan pada proses tersebut yaitu sering kali kehilangan histori pendaftaran, proses pendaftaran terkesan lama, laporan yang dirasa kurang detail, jangkauan promosi pun terbatas , dan masih sering terjadi kesalahan data.

Penelitian yang dilakukan yaitu membuat sistem baru yang dapat menyelesaikan masalah promosi dan pendaftaran mahasiswa baru di STMIK ”AMIKBANDUNG” berbasis website. Dalam proses perancangannya, sistem ini menggunakan UML dan dibangun menggunakan bahasa pemrograman PHP. Penulis juga menggunakan phpMyAdmin untuk mengelola database di MySQL dan Sublime Text untuk menuliskan teks/kode program.

Dengan adanya sistem ini pada bagian pendaftaran dan registrasi Program Studi Manajemen Informatika STMIK “AMIKBANDUNG”, diharapkan dapat memperluas jangkauan promosi, mengurangi presentase kesalahan, dan kehilangan data, serta memperlancar proses pendaftaran mahasiswa baru Program Studi Manajemen Informatika STMIK “AMIKBANDUNG”.

References

A. USMAN, “Sistem Informasi,” dalam Pengantar Sistem Informasi, Pekanbaru, Creative Team, 2011, pp. 2-3.
I. Basu Swastha, Manajemen Pemasaran Modern, Yogyakarta: Liberty, 2003.
F. Mussi, Arti Kata Register, Bandung: UNIKOM, 2015.
H. Dzacko, “Data Informasi Basis Data,” dalam BASIS DATA (DATABASE), Jakarta, Mangosoft, 2007, pp. 17-19.
A. L. K. Ratna, “PENGERTIAN PHP DAN MYSQL,” dalam Ilmu Teknologi Informasi, Jakarta, iLmuti, 2014, pp. 5-6.
H. Hartono, “WEBSITE DAN FUNGSINYA,” dalam Ilmu Teknologi Informasi, Jakarta, iLmuti, 2014, p. 2.
Published
2019-02-01