Perancangan Prototype Sistem Keamanan Parkir Otomatis Berbasis Radio Frequency Identification (RFID)

  • Rosmiati Universitas Islam Makassar
  • Hidayatullah Pratama Universitas Islam Makassar
  • Nuraeni Arif Universitas Islam Makassar
Keywords: Prototype, Sistem Keamanan Parkir, RFID

Abstract

Terjadinya kasus kehilangan kendaraan di wilayah kampus khususnya kendaraan roda dua dikarenakan oleh sistem pengawasan keluar masuk kendaraan yang masih menggunakan cara manual. Hal ini dapat mengganggu proses pembelajaran yang berjalan di kampus. Untuk meminimalisir terjadinya pencurian kendaraan dibutuhkan teknologi sistem keamanan parkir  yang bekerja secara otomatis.

Prototype sistem keamanan parkir yang dirancang dalam penelitian ini menggunakan teknologi Radio Frequency Identifacation (RFID) yang terhubung dengan website. RFID ini berfungsi untuk mengidentifikasi pengunjung kampus. Metode identifikasi pada RFID ini menggunakan gelombang radio yang dapat mengirimkan data identitas objek secara nirkabel atau tanpa bantuan manusia.  Prototype ini menggunakan RFID card, RFID reader, Sensor Ultrasonik HRC04, NodeMCU ESP32, Buzzer, Motor Servo, PHP, dan MYSQL.

Hasil dari penelitian ini berupa Prototype sistem keamanan parkir dengan menggunakan teknologi Radio Frequency Identification yang diharapkan dapat membantu petugas keamanan dalam mengawasi keamanan parkir di wilayah kampus.

References

Danta, B. M., Sentinuwo, S. R., & Putro, M. D. (2016). Implementasi Teknologi Radio Frequency Identification untuk Identifikasi dan Autentikasi pada Gerbang Masuk diUniversitas Sam Ratulangi Manado. Jurnal Teknik Informatika, 9(1). https://doi.org/10.35793/jti.9.1.2016.13458

Figa, U., Dedi, T., & Yulrio, B. (2015). Prototype Sistem Keamanan Pintu Menggunakan Radio Frequency Identification (Rfid) Dengan Kata Sandi Berbasis Mikrokontroler. Jurnal Coding, Sistem Komputer Untan, 03(1), 30–40.

Fika Husna Amalina Mubarok, & Muhammad Subali. (2020). SISTEM KEAMANAN PINTU PORTAL PADA PERUMAHAN DENGAN RFID MENGGUNAKAN NODEMCU. Seminar Nasional Teknologi Informasi Dan Komunikasi (SeNTIK), 4, 311–321.

Ketut, N., Dharmi, H., & Andreawan, S. (2017). Perancangan Prototipe Pintu Gerbang UNJANI Keluar Masuk Kendaraan Menggunakan RFID Berbasis Mikrokontroler ATmega32. Seminar Nasional Microwave Antena Dan Propagasi (SMAP), Desemberr, 204–207.

Uray Ristian, Weldi, D. T. (2020). APLIKASI SISTEM KONTROL PORTAL PARKIR MENGGUNAKAN METODE LOCK GPS BERBASIS INTERNET OF THINGS (Studi Kasus: Lahan Parkir Masjid Raya Mujahidin Pontianak). Coding Jurnal Komputer Dan Aplikasi, 8(3), 40. https://doi.org/10.26418/coding.v8i3.42956

Zhafran, A. A. haidar. (2017). SISTEM AKSES MASUK RBTE BERBASIS RFID.

Published
2021-11-08