Rancang Bangun E-Commerce Jasa Fotografi di Kota Padang Berbasis Web

  • Fanny Septiani Bufra ITS Khatulistiwa
  • Primadela Antari ITS Khatulistiwa
  • Deni Yuza Mahendra ITS Khatulistiwa
Keywords: E-commerce, PHP, MySQL, jasa fotografi, SDLC

Abstract

Penelitian ini memaparkan tentang e-commerce jasa fotografi di Kota Padang berbasis web menggunakan bahasa pemrograman PHP dan database MySQL. Dari penelitian yang telah dilakukan pada beberapa fotografer di komunitas Minang Landscaper Kota Padang dapat disimpulkan bahwa kendala atau permasalahan yang sering dialami oleh fotografer adalah mempromosikan jasa fotografinya belum maksimal karena masih belum menggunakan website, sehingga informasi jasa fotografinya belum terlalu menyebar. Oleh karena itu, para customer sulit untuk mendapatkan informasi fotografer yang diinginkan. Aplikasi e-commerce jasa fotografi ini dibangun untuk membantu para fotografer khususnya di Kota Padang mendapatkan lebih banyak customer yang akan menggunakan jasa mereka. Metode pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah System Development life Cycle atau SDLC yang mana metode ini dapat memberikan gambaran input dan output yang jelas dari tahap awal hingga akhir. Diharapkan dengan adanya aplikasi ini para fotografer dapat mempromosikan dan mempublikasikan jasa fotografi sehingga terjadi transaksi antara fotografer dan customer yang saling memberikan keuntungan serta mendapatkan update portofolio dari setiap fotografer secara cepat.

References

Afriyonza. (2014). PERANCANGAN SISTEM INFORMASI ADMINISTRASI JASA FOTO PERNIKAHAN BERBASIS WEB PADA EUPHORIA PHOTO STUDIO. In Jurnal Ilmiah Media Processor (Vol. 9, Nomor 2).

Arief, M., & Nur Adi, T. (2015). MEMBANGUN APLIKASI E-COMMERCE JASA FOTOGRAFI PRE WEDDING BERBASIS WEB CROWDSOURCING MODUL FOTOGRAFER MENGGUNAKAN METODE ITERATIVE INCREMENTAL BUILD AN E-COMMERCE APPLICATION FOR PRE WEDDING PHOTOS PHOTOGRAPHER MODULE USING WEB-BASED CROWDSOURCING ITERATIVE INCREMENTAL.

Firman, A. (2016). Sistem Informasi Perpustakaan Online Berbasis Web. In Teknik Elektro dan Komputer (Vol. 5, Nomor 2).

Hendini, A. (2016). 280381-pemodelan-uml-sistem-informasi-monitorin-4f276586. IV(2).

Maydianto, & Rasid Ridho, M. (2021). RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI POINT OF SALE DENGAN FRAMEWORK CODEIGNITER PADA CV POWERSHOP. In JURNAL COMASIE.

Melisa, N. A., & Yupie, R. R. (2009). SISTEM INFORMASI PENJUALAN BARANG DAN JASA PADA STUDIO FOTO MACRO DENGAN MENGGUNAKAN VISUAL BASIC 6.0.

Nistrina, K., & Sahidah, L. (2022). UNIFIED MODELLING LANGUAGE (UML) UNTUK PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENERIMAAN SISWA BARU DI SMK MARGA INSAN KAMIL.

Puji Hastanti, R., & Eka Purnama, B. (2015). Sistem Penjualan Berbasis Web (E-Commerce) Pada Tata Distro Kabupaten Pacitan. Jurnal Bianglala Informatika, 3(2). http://lppm3.bsi.ac.id/jurnal

Rosa, A. ., & Shalahuddin, M. (2016). Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi objek.

Sova, E., & Rahayu, D. A. (2019). PERANCANGAN SISTEM INFORMASI BERBASIS WEB UNTUK PENDAFTARAN PESERTA PELATIHAN KURSUS SERTIFIKASI INTERNASIONAL SECARA DARING DI UNIVERSITAS GUNADARMA. Jurnal Ilmiah Informatika Komputer, 24(1), 76–87. https://doi.org/10.35760/ik.2019.v24i1.1991

Yuliana, rahmi. (2012). 131508-ID-analisis-pengaruh-strategi-service-recov. 4(2).

Published
2023-05-10