Sistem Pendukung Kepututusan Menentukan Kriteria Dosen Terbaik Di Sekolah Tinggi Teknologi Muhammadiyah Cileungsi Metode Simple Additive Weighting

  • Nurkholis Sekolah Tinggi Teknologi Muhammadiyah Cileungsi
  • Pria Sukamto Sekolah Tinggi Teknologi Muhammadiyah Cileungsi
  • Siswanto Sekolah Tinggi Teknologi Muhammadiyah Cileungsi
Keywords: SAW, Support System, Database

Abstract

Sebagai pendidik profesional dan ilmuwan dosen bertugas mentransformasikan, mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan teknologi dan seni melalui pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat sesuai perundang-undangan pendidikan nasional. Namun pada kenyataanya masih banyak dosen sebagai tenaga pendidik profesional itu tidak melakukan tridarma sesuai peraturan perundang-undangan tersebut. Dalam mengukur kinerja setiap dosen supaya sesuai dengan yang disyaratkan tersebut maka perlu suatu metode bahwa dosen yang bersangkutan termasuk pada kriteria dosen baik atau kurang baik. Dalam mengetahui permasalahan diatas penelitian ini bertujuan bagaimana mengukur kinerja dosen menggunakan aplikasi sistem pendukung keputusan atau support system untuk menentukan kriteria dosen terbaik menggunakan metode Simple Additive Weighting (SAW) dalam impelementasinya sistem pendukung keputusan menggunakan server Localhost Xampp dan Database MySql. Dengan sistem pendukung keputusan ini diharapkan dapat membantu manajemen perguruan tinggi dalam menentukan kinerja dosen.

References

Destiningrum M dan Adrian J, “Sistem Informasi Penjadwalan Dokter Berbasis Web dengan Menggunakan Framework Codeigniter,” J. TEKNOINFO, vol. Vol. 11, N, pp. 30-37. ISSN 1693 0010, 2017.

F. Sonata, “Implementasi Metode Simple Additive Weighting (Saw) dengan Proses Fuzzifikasi dalam Penilaian Kinerja Dosen,” J. Teknol. Inf. dan Komun., vol. 5, no. 2, pp. 71–80, 2016.

M. M. Frindo, “Sistem Penunjang Keputusan dalam Evaluasi Kinerja Karyawan Menggunakan Metode SAW pada PT. Sierad Produce,” J. Inform. Univ. Pamulang, vol. 3, no. 1, p. 13, 2018.

A. Firman, “Sistem Informasi Perpustakaan Online Berbasis Web,” (E-Journal )Teknik Elektro dan Komput., vol. vol.5 no.2, no. ISSN 2301-8402, 2016.

M. Yogiyanto, Analisis dan Desain Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi offset - Yogyakarta, 2014.

Kurniawansyah and Dkk, “Membangun SPK untuk Menentukan Dosen Berprestasi di Prodi Informatika,” J. Media Infotama, vol. Vol.15, no. No.1, 2019.

S. B. Marbun M, “Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Hasil Belajar dengan Metode Topsis,” 2018.

H. A. dan W. R. Kusumadewi, S, Hartati S, Fuzzy Multiple Attribute Decision Making. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2006.

A. Ladjamudin, Analisis dan Desain Sistem Informasi. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2013.

D. Linda, “Merancang e-katalog Berbasis Website Sebagai Media Informasi pada Badan Perpustakaan Arsip dan Dokumentasi Daerah (BPAD) Lampung,” J. Sist. Inf. dan Telemat. ISSN 2087-2062, 2016.

A. Ibrahim and R. A. Surya, “The Implementation of Simple Additive Weighting (SAW) Method in Decision Support System for the Best School Selection in Jambi,” J. Phys. Conf. Ser., vol. 1338, no. 1, 2019.

Published
2020-11-17